Ekonomi SMA

The Best You Can Be

Bapepam Terbitkan Aturan Pengelolaan Portofolio Efek

Posted by almaedita pada April 19, 2010

JAKARTA – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) menerbitkan peraturan Bapepam-LK tentang pedoman pengelolaan portofolio efek untuk kepentingan nasabah secara individual.
Hal tersebut disahkan Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany seperti dikutip dari siaran persnya kepada okezone, di Jakarta, Minggu (18/4/2010).
Peraturan bernomor VG6 tersebut berdasarkan lampiran Keputusan Ketua Bapepam-LK nomor Kep-112/BL/2010 per 16 April 2010 yang bertujuan untuk meningkatkan kepastian hukum bagi manajer investasi (MI) dalam pengelolaan portofolio efek untuk kepentingan nasabah tertentu berdasarkan perjanjian pengelolaan dana yang bersifat bilateral dan individual.
“Peraturan ini sebagaimana dimaksud dalam peraturan Bapepam-LK nomor VA3 tentang perizinan perusahaan efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai MI,” ujarnya.
Mengingat perjanjian pengelolaan dana tersebut dilakukan secara bilateral dan individual, maka pada dasarnya MI dan nasabah secara bebas dapat menetapkan materi yang dapat diatur dalam perjanjian pengelolaan dana secara individual.
Namun demikian, mengingat kegiatan tersebut dilakukan oleh MI yang memperoleh izin usaha dari Bapepam-LK, serta melibatkan dana masyarakat, maka dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap MI, perlu diatur pedoman bagi MI dalam melakukan pengelolaan portofolio efek untuk kepentingan nasabah secara individual.
Keterkaitan antara regulasi di bidang pasar modal dengan industri jasa keuangan lainnya juga memperoleh perhatian dalam penyusunan peraturan ini, mengingat MI juga melakukan pengelolaan dana untuk kepentingan nasabah yang merupakan lembaga keuangan, seperti Dana Pensiun dan Perusahaan Asuransi.
Selain itu, untuk meningkatkan keamanan kekayaan nasabah, dalam peraturan ini juga diatur kewajiban untuk menempatkan dana dan/atau efek nasabah atas nama masing-masing nasabah pada Bank Kustodian.
Diversifikasi investasi pada pengelolaan portofolio efek untuk kepentingan nasabah secara individual didesain lebih fleksibel, sehingga selain dapat berinvestasi pada efek dalam negeri, MI juga dapat berinvestasi pada efek luar negeri, dengan tetap memperhatikan aspek legalitas serta ketersediaan akses atas informasi dari efek luar negeri dimaksud.
“Hubungan antara MI dengan nasabah bersifat bilateral dan individual, sehingga aspek keperdataan terasa lebih kuat, dibanding dengan produk jasa MI lainnya, seperti reksa dana,” jelasnya.
Mengingat hal tersebut, maka wajar jika segmentasi nasabah/investor untuk jasa pengelolaan Portofolio Efek untuk kepentingan nasabah secara individual berbeda dengan segmentasi nasabah/investor reksa dana, sehingga dalam peraturan tersebut diatur segmentasi nasabah/investor berdasarkan besaran minimal dana awal yang dapat dikelola, yaitu Rp10 miliar per nasabah.
Sifat bilateral dan individual/aspek keperdataan yang lebih kental tersebut juga melatarbelakangi rumusan ketentuan tentang penyelesaian sengketa, di mana MI dan nasabah wajib menyepakati dan memilih lembaga atau forum penyelesaian sengketa, jika kelak kemudian hari timbul sengketa dalam pelaksanaan perjanjian pengelolaan dana.
Agar Peraturan Nomor VG6 tersebut dapat diimplementasikan secara baik, maka dirumuskan pula ketentuan peralihan, yaitu secara umum MI diberikan kesempatan untuk menyesuaikan dengan dengan peraturan nomor VG6 ini selama tiga bulan sejak ditetapkannya peraturan tersebut, termasuk di dalamnya mengalihkan kekayaan nasabah (dana dan/atau efek) untuk disimpan pada Bank Kustodian.
Namun demikian, bagi MI yang sedang melakukan pengelolaan portofolio efek untuk kepentingan nasabah secara individual, namun dana para nasabah tersebut dikelola dalam satu portofolio investasi untuk kepentingan sekelompok nasabah atau nilai dana kelolaan per nasabah masih kurang dari Rp10 miliar, maka MI dapat tetap melaksanakan pengelolaan dana tersebut.
Hal tersebut dilakukan sampai dengan berakhirnya jangka waktu perjanjian pengelolaan dana, atau paling lama satu tahun sejak ditetapkannya keputusan ini (mana yang tercapai terlebih dahulu).
Dengan demikian, dalam satu tahun ke depan diharapkan seluruh pengelolaan dana nasabah individual oleh MI sudah sesuai dengan peraturan VG6.

By ade.lestarini, okezone.com,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: