Ekonomi SMA

The Best You Can Be

Pemerintah Tak Berani Ikuti Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi IMF

Posted by almaedita pada April 23, 2010

Walaupun prediksi IMF terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia direvisi naik menjadi 6%, pemerintah tetap memasang target pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 5,8%, karena alasannya angka tersebut cukup moderat dan realistis.

“Angka 5,8% bukan sesuatu pendekatan yang pesimis tapi realistis. Bisa saja bergerak ke sana (6%), tapi bisa saja kita meleset. Tapi melesetnya ke atas bukan ke bawah,” ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (23/4/2010).

Menurut Hatta, dari pencapaian yang terjadi pada tahun 2009 lalu, saat pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan 4,3%, tetapi kenyataannya justru melebihi ekspektasi menjadi 4,5%. Dirinya menilai pertumbuhan ekonomi bukan sekedar angka belaka, namun juga harus mempunyai berkualitas.

“Pertumbuhan yang tinggi haruslah disertai pemerataan, khususnya untuk daerah-daerah tertentu yang terasa termajinalkan, baik dana pusat dan daerah,” ujarnya.

Untuk menopang pertumbuhan ekonomi tersebut akan diperoleh melalui ekspor dan investasi. Ekspor harus tumbuh 6-7%, dan investasi harus tumbuh 11-12%.

“Untuk itu kita harus meningkatkan ekspor dan investasi yang trennya sangat baik, 6-7% untuk ekspor dan 11-12% investasi,” tutupnya.

Ramdhania El Hida – detikFinance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: