Ekonomi SMA

The Best You Can Be

Ekonomi XII

  1. A. MANAJEMEN UMUM

a.     Manajemen sebagai Ilmu.

Mengenai batasan manajemen, di bawah ini diutarakan beberapa ahli dari Sarjana Indonesia, diantaranya :

1.     Prof. Dr. Mr. S Prajudi Atmosudirdjo. Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkcan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai denagan kebutuhan.

2.     Dr. Sondang P Siagian, MPA. Manajemen adalah kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

3.     Drs. Karnadi Wargasasmita. Manajemen adalah mengatur, mengurus, memimpin; mengawasi pe­kerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha

4.     Drs. The Liang Gie. Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan-tindakan dalam usaha kerjasama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.

Beberapa definisi manajemen yang dikemukakan oleh sarjana-sar.jana Barat, antara lain :

1.     Webster’s Dictionary. Manajemen adalah tindakan mengendalikan, kecakapan dalam menjuruskan admisistrasi (Management is the act of managing, skill in directing administration)

2.     Harold Koontz dart O’Donnell. Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan-kegiatan dari pada orang lain. (Management is getting thing done through the effort of other people)

3.     John D Millet. Manajemen adalah proses pembimbingan dan penyediaan fasili­tas-fasilitas kerja terhadap orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan. (Manage­ment is the process of dircting and fasilitating the work of people organized in formal groups to achieve a desired goal).

4.     George R Terry. Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain. (Management is the accomplishing of a predetermined objective through the effort of other people)

5.     Frederick W Taylor.

Beliau mengemukakan empat prinsip manajemen penting, yaitu :

a.             pengembangan metode kerja terbaik

b.             pemilihan serta pengembangan pekerja-pekerja

c.             usaha menghubungkan metode kerja terbaik dengan pekerja yang terpilih dan terlatih

d.             adanya kerjasama antara manajer dan non manajer, kerjasama mana melalui pembagian kerja, dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan.

6.     Henry Fayol.

Ia menekankan pada pandangannya tentang manajemen sebagai suatu hal yang terdiri dari fungsi-fungsi.

Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa ‘Manajemen adalah suatu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber da­ya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu atau sebelumnya.’

b.    Unsur-unsur Manajemen

Unsur manajemen (tools of manajemen) tersebut terdapat 6 unsur, yaitu

1.   Man (Tenaga Kerja Manusia)

2.   Money (Uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan)

3.   Mathodes (Cara kerja atau sistem kerja yang digunakan untuk mencapai tujuan)

4.   Materials (Bahan-bahan yang diperlukan)

5.   Machines (Mesin-mesin yang diperlukan untuk mencapai tujuan)

6. Market (Pasar atau pemasaran sebagai tempat untuk memperjualbelikan hasil produksi)

c.   Tingkatan Manajemen

Menurut tingkatannya manajemen dapat dibedakan menjadi 3 tingkatan yang dapat digambarkan sebagai berikut  :

1. Top Management (Manajemen Puncak)

2. Middle Management (Manajemen Menengah)

3. First Lina Management atau Lower Management (Manajemen Bawah)

B. PRINSIP DAN FUNGSI MANAJEMEN

a.  Prinsip Manajemen

Prinsip Manajemen adalah  suatu dalil umum yang dapat disimpulkan dari proses menggerakkan orang-orang dan menggerakkan fasilitas-fasilitas, yang berlaku sebagai dasar petunjuk bagi seseorang dalam melakukan perbuatan-perbuatan atau menjalankan tindakannya untuk mencapai tujuan yang dikehendaki

Satu-satunya yang membahas mengenai prinsip-prinsip manajemen adalah Henry Fayol terdapat 14 prinsip, diantaranya :  Pembagian Kerja (Disition of Labour), Kekuasaan (wewenang) dan tanggung jawab (Authority and Responsibility), Disiplin (Dicipline),  Kesatuan perintah (unity of command), Kesatuan Arah (Unity of Direction), Kepentingan individu harus berada di bawah kepentingan umum ( Subordinate of individual interest to general interest), Pembayaran upah yang adil (remuneration of personal), Pemusatan (Sentralisation), Rantai Skala atau Scalar Chain (line of authority), Tata tertib (order), Keadilan (equity), Stabilitas pegawai (Stability 0f tenure of personal), Inisiatif (initiative), dan Jiwa kesatuan (Esprits de corps)

b.   Fungsi-Fungsi Manajemen.

No Nama Ahli Judul Buku Fungsi-fungsi manajemen
1. Henry Fayol General And Industrial Management 1. Planning (perencanaan)

2. Organizing (Pengorganisasian)

3. Commanding (Pemberian Komando)

4. Coordinating (Pengkoordinasian)

5. Controlling (Pengawasan)

2. Harold Koontz dan O’Donnel Principles of Management 1. Planning (perencanaan)

2. Organizing (Pengorganisasian)

3. Staffing (Penempatan Tenaga kerja)

4. Directing (Pemberian pengarahan)

5. Controlling (Pengawasan)

3. George R Terry Principle of Management 1. Planning (perencanaan)

2. Organizing (Pengorganisasian)

3. Actuating (Penggerakan)

4. Controlling (Pengawasan)

4. Dr. Sondang P Siagian Filsafat Administrasi 1. Planning (perencanaan)

2. Organizing (Pengorganisasian)

3. Motivating (Pemberian motivasi)

4. Controlling (Pengawasan)

5. Evaluating (Penilaian)

5. Drs. The Liang Gie Ilmu Administrasi
  1. Perencanaan
  2. Pembuatan Keputusan
  3. Pembimbingan
  4. Pengkoordinasian
  5. Pengendalian

C.  URAIAN SINGKAT TENTANG FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN.

Untuk lebih memberikan gambaran yang jelas tentang fungsi manajemen, di bawah ini diuraikan fungsi manajemen menurut GR Terry yang terdiri dari : Perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan.

1.     Planning (Perencanaan) adalah pemilihan fakta-fakta dan usaha menghubung-hubungkan antara fakta yang satu dengan yang lain, kemudian membuat perkiraan dan peramalan tentang keadaan dan perumusan tindakan untuk masa. yang akan datang yang sekiranya diperlukan untuk mencapai hasil yang dikehendaki. Atau dengan kata lain Perencanaan adalah kegiatan yang berhubungan dengan waktu untuk mencapai tujuan

Suatu rencana yang baik harus berpedoman pada 5 W dan 1 H, yaitu :

a.   What, artinya tindakan apa yang hars dikerjakan.

b.   Why, artinya apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan

c.   Where, artinya dimanakah tindakan itu dilaksanakan

d.   When, artinya kapan tindakan itu dilaksanakan

e.   Who, artinya siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu

f.   How, artinya bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu.

2. Organizing (Pengorganisasian) adalah mengalokasikan seluruh pekenjaan yang harus dilaksanakan antara kelompok kerja dan menetapkan wewenang relatif serta tanggung jawab masing-masing individu, yang bertanggung jawab atas setiap komponen kerja dan menyediakan lingkungan keria yang tepat dan sesuai. Atau dengan kata lain Pengorganisasian adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengatur manusia atau karyawan atau pegawai.

Struktur Onganisasi

Dalam penyusunan struktur organisasi dikenal beberapa jenis hubungan, yaitu :

a.     Struktur organisasi. garis (line relation)

Merupakan struktur organisani yang paling sederhana dan yang paling tua. Dalam struktur organisasi garis ini aliran tugas dan tanggungjawab terlihat dengan jelas dengan arah vertilkal, artinya wewenang mengalir dari atas ke bawah, sedangkan tanggung jawab dari bawab ke atas.

b.     Struktur organisasi fungsional atau staf (Staff relation)

Organisasi fungsional atau staf bermula diciptakan oleh FW Taylor, dimana segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas, sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan, sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.

c.    Struktur organisasi Garis dan Staf

Pada bentuk organisasi garis dan staf, terdapat satu atau beberapa orang staf. Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, yang tugasnya memberi nasehat dan saran da­lam bidangnya kepada pimpinan di dalam organisasi tersebut.

3.     Actuating (Penggerakan) adalah menempatkan semua anggota dari pada kelompok agar kerja secara sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan dan pola organisasi. Atau dengan kata lain Penggerakan artinya kegiatan yang berhubungan dengan memotivasi atau memberi semangat kepada karyawan atau pegawai

4.     Controlling (Pengawasan) adalah proses penentuan apa yang akan dicapai (standard), apa yang sedang dihasilkan (pelaksanaan), menilai pelak­sanaan dan bilamana perlu mengambil tindakan korektif sehingga pelaksanaan dapat berjalan menurut rencana, yaitu sesuai dengan standard. Atau dengan kata lain Pengawasan adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengendalikan atau mengawasi setiap pekerjaan serta melakukan tindakan koreksi.

D. BIDANG-BIDANG MANAJEMEN

  1. Manajemen Produksi adalah pelaksanaan kegiatan-kegiatan manajerial seperti planning (perencanaan), Organizing (Pengorganisa­sian), actuaiting (Penggerakan) dan Controlling (Pengawasan), terhadap sistem-sistem produksi dengan tujuan agar produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.
  2. Manajemen Pemasaran(Marketing Management) adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan penciptaan dan penyerahan barang atau jasa kepada konsumen atau masyarakat, agar dapat memperluas pasar bagi kemajuan suatu perusahaan ataupun industri.
  3. Manajemen Personalia atau Manajomen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dalam hal pengadaan, pengembangan, pemberi­an kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan terhadap sumber daya manusia secara terpadu untuk mencapai tujuan organisasi.
  4. Manajemen Keuangan adalah aktivitas dari pada fungsi manajemen untuk menyediakan segala kebutuhan finansial yang berkaitan dengan operasional perusahaan dan organisasi.
  5. Manajemen Admintstrasi/Akuntansi adalah cara mengajukan infor­masi mengenai administrasi atau akuntansi sedemikian rupa sehingga dapat membantu manajemen dalam menentukan garis-garis kebijaksanaan dan operasional sehari-hari dari pada suatu usaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: